Selasa, 31 Mei 2011

Menu-menu dalam game maker

Dalam game make terdapat menu-menu yang akan mempermudah kita dalam membuat sebuah game berikut adalah penjelasan mengenai menu-menu yang ada pada game maker:
Menu-menu yang ada dalam game maker
 
Menu File
New (Ctrl+N) : untuk membuat file baru
Open (Ctrl+O) : digunakan untuk membuka file game maker atau .gmk
Recent files : digunakan untuk membuka file-file yang baru digunakan
Save (Ctrl+save) : digunakan untuk menyimpan file yang sudah dimodifikasi
Save As : digunakan untuk menyimpan file baru
Create Exutable : digunakan untuk membuat file exe pada game yang telah Anda buat
Publish your game digunakan untuk mempublikasikan game Anda pada internet
Import Resource : digunakan untuk mengambil file dari document lain
Export Resource : digunakan untuk mengirim file ke document lain
Advance mode : digunakan untuk mengeluarkan semua fitur pada worksheet game maker
Preferences : digunakan untuk mengedit atau mengatur fitur-fitur kinerja game maker
Exit (Alt+F4) : digunakan untuk keluar dari game maker

Menu Edit
Create : digunakan untuk membuat resource baru
Duplicate (ctrl+Ins) : digunakan untuk menduplikate resource yang sudah aktif pada file game maker
Create group : digunakan untuk membuat folder baru dimana berisi resources yang ada sesuai yang diinginkan
Delete (shift+del) : digunakan untuk menghapus resources
Rename : digunakan untuk mengubah file-file resources
Properties : digunakan untuk untuk melihat properti apa saja pada resource baik itu sprite, background dll
Find Resource (ctrl+F) : digunakan untuk mencari resource
Expand tree : digunakan untuk membuka semua tree(+) yang ada pada resources
Collapse tree : digunakan untuk menyembunyikan semua (-) yang ada pada resources
Show object information : digunakan untuk memperlihatkan informasi pada object

Menu Resource
Create Sprite (Shift+ctrl+S) : digunakan untuk membuat sprite baru
Create sound (Shift+Ctrl+U) : digunakan untuk membuat resource sound atau memasukkan semua kebutuhan music pada pembuatan game
Create background (Shift+Ctrl+B) : digunakan untuk membuat resource gambar yang digunakan untuk background game
Create path (Shift+Ctrl+P) : digunakan untuk membuat resource path
Create script (Shift+Ctrl+C) : digunakan untuk membuat resource script
Create font (Shift+Ctrl+F) : digunakan untuk membuat resource font
Create timeline (Shift+Ctrl+T) : digunakan untuk membuat resource timeline
Create object (Shift+Ctrl+O) : digunakan untuk membuat resource object
Create room (Shift+Ctrl+R) : digunakan untuk membuat resource room
Change game information: digunakan untuk mengubah informasi game
Change global game setting :digunakan untuk mengubah setting game secara global
Select extension game :digunakan untuk memilih extension game
Define constans :digunakan untuk membuat konstanta baru
Define triger :digunakan untuk membuat triger baru
Included file :digunakan untuk memasukkan file excutable


Menu Script
Import Scripts :digunakan untuk mengimport scripts dari file lain
Export scripts :digunakan untuk mengeksport scripts ke file lain
Show built-in Variable :digunakan untuk menampilkan informasi semua variable
Show built-in Function :digunakan untuk menampilkan informasi semua fungsi
Show extension function :digunakan untuk menampilkan informasi semua variable dan konstanta dari extention package
Show constans :digunakan untuk menampilkan semua konstanta
Show resource name :digunakan untuk menampilkan semua nama resource yang sudah aktif
Search in scripts : mencari kata pada script
Check resource names :digunakan untuk mengecek nama-nama pada resources
Check all scripts :digunakan untuk mengecek semua scripts

Menu Run
Run Normally (F5) digunakan untuk menge-run program secara normal
Run in debug mode (F6) :digunakan untuk menge-run program dalam mode debug

Menu Windows
Cascade :digunakan untuk membuka semua jendela file yang sedang aktif
Arrange icon : digunakan untuk menyeting tampilan icon
Close all:digunakan untuk menutup semua jendela file yang aktif

Menu Help
Berisi tentang informasi-informasi yang diperlukan dalam game maker



Macam-macam event pada game maker

Add event : digunakan untuk memasukkan event yang dibutuhkan dalam game
Create : event ini akan terjadi ketika sebuah object mulai dibuild
Destroy: digunakan ketika instance dari object akan dihancurkan
Alarm: setiap instance dari objekk memiliki 12 tingkatan alarm. Alarm dapat diatur untuk setiap aksi yang akan dilakukan.
Step : event ini digunakan untuk mengatur dan meletakkan aksi yang diibutuhkan ekesekusi secara kontinu.
Collision : digunakan jika kita ingin mendapatkan sebuah kejadian saat terjadi tumbukan
Keyboard: menggunakan tombol-tombol pada keyborad sebagai inputan dalam bermain game, misal untuk langkah kaki, dan sebagainya
Mouse: menggunakan mouse sebagai inputan atau alat untuk menjalankan game yang sudah dibuild
Other: merupakan event lain yang kita temui dalam sebuah game
  ð   Outside room :kejadian ini akan terjadi ketika object  telah keluar dari room yang telah ditetapkan
  ð  Intersect boundary : event ini terjadi ketika sebuah object melakukan interseksi dalam boundary
  ð  Views: kita dapat menemukan sejumlah event yang akan digunakan dalam rooms dalam sebuah game
  ð  Game start : event ini terjadi untuk setiap object yang akan terlibat saat pertama kali game dijalankan
  ð  Game end : event ini akan terjadi saat game berakhir
  ð  Room start: event ini akan terjadi ketika memasuki sebuah room
  ð  Room end: event ini akan terjadi ketika keluar dari room tertentu
  ð  No more lives: event ini akan berkerja ketika lives(nyawa) pada object karakter yang kita buat telah habis
  ð  No more health: event ini akan bekerja ketika tidak ada lagi health pada karakter yang kita buat
Draw: digunakan untuk menggambar sesuatu pada game yang kita buat misal gambar health bar atau lives
Key press: event ini akan berfungsi ketika tombol pada keyboard ditekan
Key release: event ini digunakan ketika tombol dilepaskan
Trigger: merupakan event hasil buatan kita sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar