Setelah mempelajari menu-menu yang ada di aplikasi game maker sekarang kita akan mencoba untuk membuat suatu aplikasi dengan game maker. Meski masih sangat sederhana tapi gak apa-apa,,belajar sedikit demi sedikit,hehehe...
Pertama-tama tentu bikin new kemudian tuliskan nama projectnya... Lalu langkah selanjutnya adalah membuat sprite nya. create sprite atau dapat juga klik kanan pada folder sprite >> create sprite
dan masukkan sprite apa saja yang diinginkan, untuk lebih jelasnya lihat gambar-gambar berikut:
Pertama-tama tentu bikin new kemudian tuliskan nama projectnya... Lalu langkah selanjutnya adalah membuat sprite nya. create sprite atau dapat juga klik kanan pada folder sprite >> create sprite
dan masukkan sprite apa saja yang diinginkan, untuk lebih jelasnya lihat gambar-gambar berikut:
Maka akan muncul kotak dialog sprite properties >> load sprite
bikin semua sprite yang ada seperti berikut:
Kemudian setelah itu bikin backgroundnya. klik kanan pada folder background >> create background >> load background
Langkah selanjutnya adalah membuat semua objectnya >> create object dan akan muncul jendela seperti gambar di atas. klik yang ditandai dengan lingkaran merah kemudian yang lingkaran hijau (add event) maka akan muncul jendela actionnya
Jangan lupa untuk semua object dibikin solid, jadi tidak tembus sentuh,hehe...
kemudian untuk obj_karakter, pertama buat event >> create ( ini merupakan aksi awal yang dilakukan ketika object di load ) >> change sprite >> ganti spr_kar_kanan dan speed 0 (untuk tampilan awal sprite menghadap kanan)
Kemudian bikin langkahnya add event >> keyboard >> right (misal ketika tombol --> ditekan ), drag move fixed yang ada pada kotak action, muncul jendela move fixed, directionnya dipilih yang arah kekanan dengan speed 2, (hal ini agar speednya tidak terlalu cepat) >>OK. tambahkan juga change sprite >> sesuaikan dengan gerakan yaitu ganti dengan spr_kar_kanan. Begitu pula untuk langkah kiri, atas, bawah, tinggal disesuaikan. untuk diam (bila tidak ditekan apa-apa) add event >> keyboard >> no key , kemudian pada directionnya dipilih stop dan speednya diisi 0 agar object berhenti.
Untuk tumbukannya, add event >> collision >> pilih objectnya (misal spr_wall. untuk actionnya dipilih start fixed directionnya pilih stop.sehingga object karakter akan berhenti ketika bertumbukan dengan wall. Begitu pula untuk collision dengan obj_wall
Sedangkan untuk collision obj_apel >> message display >> ketikan kalimat >> ok. kemudian tambah lagi dengan end game (untuk mengakhiri program game)
Selanjutnya bikin roomnya diroom ini adalah tempat dimana kita akan bermain
Gambar diatas menunjukkan bahwa setiap kotaknya berukuran 24x12Kemudian untuk gambar diatas merupakan cara untuk mengganti-ganti ukuran room, room yang kita buat berarti berukutan 720x480
Gambar diatas merupakan tiles nya dimana kita bisa membuat atau menghias room kita dengan berbagai gambar tanpa membuat sprite atau object dahulu
untuk memasukkan object yang kita pilih tinggal klik pada kotak object >> klik aja pada roomnya dan atur sesuai keinginan
Setelah selesai klik icon centang untuk menyimpan room tersebut
Untuk mencoba program klik run maka dapat dilihan hasilnya seperti berikut:
Untuk lebih jelasnya saya sediakan .gmk nya yang bisa diunduh di sini
Selamat mencoba :),, GBU
Tidak ada komentar:
Posting Komentar